Belajar Ekonomi Terasa Sulit? Yuk, Cobain Toktiktok!

Apakah Ekonomi itu Sulit Dipelajari?

Istilah “ekonomi” merupakan istilah yang lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Ilmu ekonomi sendiri merupakan rumpun ilmu yang mempelajari aktivitas manusia di bidang produksi, distribusi, konsumsi barang dan jasa, serta berbagai masalah yang bersangkutan dengan hal tersebut. Dengan kata lain, ilmu ekonomi merupakan ilmu pengetahuan tentang kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhannya dengan sumber daya yang terbatas.

Belajar ekonomi itu sebenarnya gampang-gampang susah. Ada banyak materi yang mudah dipelajari, namun tidak sedikit juga materi yang kalau kita pelajari bisa bikin pusing kepala. Namun satu hal yang pasti, bahwa ilmu ekonomi itu ilmu yang bermanfaat dan menarik untuk dipelajari.

Nah, untuk bisa menguasai ilmu ekonomi secara utuh, paling tidak ada tiga hal yang harus kamu kuasai, yaitu sebagai berikut.

Kemampuan Memahami Konsep dan Teori

Di dalam ilmu ekonomi, terdapat banyak sekali konsep dan teori. Secara sederhana, ilmu ekonomi sebenarnya didasarkan pada tiga konsep penting, yaitu kelangkaan (scarcity), pilihan (choice), dan pengambilan keputusan (decision making). Dari situ ilmu ekonomi kemudian semakin berkembang hingga memiliki beberapa aliran atau pendekatan. Setiap aliran tersebut tentu memiliki teorinya sendiri. Penguasaan teori ekonomi akan membantu kamu memahami berbagai fenomena ekonomi yang nampak dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kemampuan Grafis

Ada satu kalimat yang penulis suka, dikutip dari buku Makroekonomi karya N. Gregory Mankiw yang berbunyi: “Satu grafik menghemat ribuan kata”. Maksudnya adalah bahwa seringkali teori ekonomi akan lebih mudah dijelaskan jika kita menyajikannya dalam bentuk grafis, ketimbang narasi yang panjang dan bertele-tele. Suatu hal yang biasa dalam ilmu ekonomi bahwa grafik digunakan untuk memberikan penerangan yang lebih luas mengenai teori-teori ekonomi.

Grafik membantu kita menjelaskan fenomena ekonomi dalam format visual. Selain itu, grafik juga dibuat untuk menyederhanakan informasi numerik yang rumit sehingga dapat meningkatkan keterbacaan. Namun, meski bisa membantu memahami masalah ekonomi, ternyata masih banyak orang kesulitan menafsirkan grafik? Banyak di antara mereka yang bahkan menganggap grafik sebagai sesuatu hal yang menakutkan.

 

Kemampuan Matematis

Kemampuan berikutnya yang tidak kalah penting adalah kemampuan matematis. Matematika memiliki peran penting dalam ilmu ekonomi. Ahli ekonomi menggunakan simbol-simbol matematis untuk menyatakan permasalahan ekonomi serta menggunakan dalil-dalil matematis untuk membantu pembahasan masalah tersebut.

Matematika dapat digunakan sebagai alat perhitungan dan pertimbangan dalam melakukan kegiatan ekonomi. Misalnya saat kita berbisnis, matematika dapat membantu menentukan berapa jumlah barang yang sebaiknya dijual dan pada harga berapakah barang tersebut dijual untuk memperoleh laba maksimum.

Kemampuan menguasai teori, grafis, dan matematis menjadi modal penting bagi kamu untuk bisa menguasai ilmu ekonomi. Dengan menguasai ketiganya, tentu akan lebih mudah memahami ilmu ekonomi.

 

Cara Lain Belajar Ilmu Ekonomi

Tidak sedikit orang yang kesulitan memahami ilmu ekonomi. Bisa jadi karena penyampaian gurunya yang kurang pas, atau daya pemahaman kita yang memang sulit memahami teori-teori ekonomi. Kamu tidak perlu khawatir karena setiap orang memang mempunyai daya pemahaman dan gaya belajar yang berbeda-beda. Ada yang tipe belajarnya visual, auditori, ataupun kinestetik. Tipe belajar ini akan mempengaruhi berapa banyak kamu bisa menyerap materi.

Membaca buku atau hanya mendengar penjelasan dari guru mungkin dirasa tidak cukup. Kita butuh sesuatu yang menarik agar belajar ekonomi tidak membosankan. Salah satunya dengan menonton video pembelajaran.

Seiring perkembangan zaman dan pertumbuhan teknologi, video pembelajaran dapat diakses melalui banyak platform. Salah satunya adalah TikTok. TikTok merupakan sebuah platform berbagi konten (a video-sharing social networking) yang berasal dari Tiongkok. Aplikasi tersebut dipergunakan untuk membuat video (yang umumnya) berdurasi pendek. TikTok kini menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh. Aplikasi tersebut memberikan akses penggunanya untuk berpartisipasi, berbagi, dan membuat konten menarik mereka sendiri.

Saat ini TikTok tidak hanya sebagai media hiburan saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai media edukasi, salah satunya media belajar ilmu ekonomi. Ada banyak content creator yang menyajikan pembelajaran di bidang ilmu ekonomi. Video pembelajaran tersebut bisa berupa materi pembelajaran, soal latihan, permainan, dan lain-lain. Video pembelajaran ini umumnya ditampilkan dalam 15 detik hingga tiga menit.

 

Download Video Pembelajaran Favorit Kamu!

Menonton video TikTok langsung di aplikasi dapat menghabiskan data seluler. Dengan mengunduh dan kemudian menyimpannya di gadget kita, kita dapat menghemat data seluler dalam jumlah besar. Dengan mengunduh video, kita dapat tetap menonton video tersebut kapan dan di mana saja tanpa koneksi internet. Ini sangat berguna bagi kamu yang sedang bepergian ke tempat-tempat yang tidak ada sinyal internet.

Untuk bisa mengunduh video dari TikTok, kamu bisa coba gunakan Toktiktok. Toktiktok.com adalah situs TikTok downloader yang memungkinkan kamu untuk unduh video TikTok dengan mudah dan cepat tanpa watermark. Dengan menggunakan layanan yang mereka sediakan, kamu dapat dengan mudah mengunduh video TikTok tanpa watermark dengan kualitas tinggi dan resolusi HD.

Beberapa fitur yang disediakan antara lain download video, audio, slideshow, thumbnail, hingga foto profil TikTok. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan gratis. Dan untuk mengaksesnya, kamu bisa menggunakan semua perangkat seluler, tablet, laptop, atau PC (Android, iOS, Windows, Linux, dan MacOS).

Nah, dengan adanya video pembelajaran yang kamu bisa akses kapan saja, belajar ekonomi kini menjadi lebih mudah. Apalagi jika video tersebut disertai ilustrasi dan musik latar yang menarik, membuat kegiatan belajar ekonomi menjadi hal yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *